Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

20+ Jenis Alat Service Elektronik Beserta Fungsinya

Alat Alat Service Elektronik – Saat ini telah banyak peralatan elektronik yang sangat membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Peralatan elektronik tersebut memiliki rangkaian dan komponen listrik di dalamnya sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Banyak produsen yang mengelurakan produk elektroniknya dengan berbagai macam kualitas dan fungsi. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan layanan “After Sales” kepada pelanggannya seperti klaim garansi, servis, upgrade dan sparepart.

Barang elektronik yang rusak dapat diperbaiki di service center atau ke tukang servis elektronik. Ada banyak teknisi yang memiliki keahlian dalam memperbaiki barang elektronik yang rusak dan menyediakan layanan servis untuk berbagai barang elektronik.

Ada servis hp, servis kipas angin, servis mesin cuci, servis pompa air, servis  dan servis elektronik lainnya. Para tukang servis tentu saja memiliki alat alat service elektronik yang memudahkannya dalam melakukan pengecekan dan perbaiakan peralatan elektronik.


Alat Alat Service Elektronik

alat alat servis elektronik

Berikut ini merupakan jenis jenis atau macam macam alat service elektronik yang digunakan para teknisi (tukang) servis dalam memperbaiki barang elektronik yang rusak. 

1. Multimeter

alat service elektronik

Multimeter / Multitester / Avometer merupakan alat service elektronik yang berfungsi untuk mengukur tegangan, arus dan tahanan listrik pada suatu rangkaian. Selain itu alat ini juga dapat digunakan untuk mengecek apakah sambungan kabel terhubung atau tidak.

Dengan menggunakan multimeter ini, maka tukang servis dapat mengecek dan mengetahui jenis dan letak kerusakan pada rangkaian elektronik.


2. Power Supply Variable

alat service elektronik

Power Supply Variable atau Catu Daya Variabel merupakan salah satu jenis peralatan service elektronik yang berfungsi sebagai sumber tenaga listrik. Alat ini bekerja dengan menyalurkan tegangan listrik ke suatu peralatan elektronik.

Power supply memiliki dua jenis output yaitu listrik searah (DC) dan listrik bolak balik (DC). Dengan alat ini maka teknisi dapat memberi tegangan ke peralatan elektronik dengan besar tegangan yang dapat diatur.


3. Solder

alat service elektronik

Solder merupakan peralatan servis elektronik yang berfungsi untuk melelehkan timah. Alat ini memiliki dua fungsi yaitu melelehkan timah untuk menyambung komponen elektronika dan melelehkan timah untuk melepaskan sambungan.

Solder bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas yang digunakan untuk melelehkan timah. Komponen pendukung solder lainnya adalah gel pembersih solder dan berbagai macam mata solder.


4. Vacuum Desoldering Pump

alat service elektronik

Vacuum Desoldering Pump atau dikenal dengan istilah penghisap timah merupakan alat servis elektronik yang berfungsi untuk menghisap timah yang meleleh agar terlepas dari rangkaian PCB.


5. Blower

alat service elektronik

Blower merupakan salah satu alat service elektronik yang berfungsi untuk melepas IC atau komponen elektronika lainnya dari rangkaian PCB. 

Blower servis bekerja dengan cara menghembuskan udara panas sehingga membuat timah meleleh dan komponen yang direkatkannya akan mudah terlepas. 


6. PCB Holder

alat service elektronik

PCB Holder atau Penjepit PCB merupakan alat servis yang berfungsi untuk menjepit PCB sehingga ketika melakukan soldering maka PCB tidak akan goyang atau lari ke mana-mana.


7. Pinset

alat service elektronik

Pinset merupakan salat satu alat service elektronik yang berfungsi untuk menjepit dan memegang komponen kecil atau komponen yang panas. Pinset memiliki beberapa bentuk dan ukuran sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kerja.


8. Tespen

jenis alat service elektronik

Tespen merupakan peralatan servis yang berbentuk seperti obeng yang berfungsi untuk mengecek adanya tegangan listrik pada suatu kompoen. Tespen dapat difungsikan sebagai obeng.

Ada beberapa jenis tespen yaitu tespen biasa (mengecek tegangan AC), tespen DC (mengecek tegangan DC) dan tespen digital (mengecek tegangan AC dengan menampilkan nilai tegangannya).


9. Obeng Set

alat service elektronik

Obeng merupakan salah satu jenis perkakas yang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan baut. Obeng memiliki berbagai macam ukuran dan jenis namun jenis yang paling umum adalah obeng plus (+) dan obeng minus (-).


10. Kunci Pas

jenis alat service elektronik

Kunci pas merupakan perkakas yang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan Mur.  Berdasarkan bentuknya kunci pas terbagi menjadi dua yaitu kunci pas ring dan kunci pas berbentuk seperti capit.

Ada beberapa jenis ukuran kunci pas namun yang paling umum dijumpai pada peralatan elektronik atau kendaraan adalah ukuran 8, 10, 12, 14.


11. Kunci T

jenis alat service elektronik

Kunci T merupakan salah satu jenis perkakas yang bisa digunakan sebagai pendukung alat service. Alat ini digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan Mur pada bagian komponen yang sulit dijangkau seperti pada mesin cuci.


12. Kunci L

jenis alat service elektronik

Kunci L atau kunci Allen merupakan perkakas yang berbentuk huruf “L” dan digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut L yang ada pada peralatan elektronik. Kunci L terbagi menjadi beberapa ukuran Antara lain 1,5mm, 2mm, 2,5mm, 3mm, 4mm, 5mm, 6mm, 8mm, dan 10mm.


13. Kunci Inggris

jenis alat service elektronik

Kunci Inggris (adjustable wrench) merupakan perkakas yang dapat digunakan sebagai alat service elektronik. Kunci Inggris dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dengan ukuran yang beragam.

Kunci L memiliki pengunci yang dapat mengatur ukuran lebar bukaan mulut kunci L sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran mur yang ingin dikendurkan atau dikencangkan.


14. Tang Kombinasi

jenis alat service elektronik

Tang kombinasi merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk memotong kabel atau kawat, mengupas kabel, mengencangkan atau mengendurkan baut, membengkokkan kawat, menjepit dan memegang komponen elektronika.


15. Tang Potong

alat servis elektronik

Tang potong merupakan salah satu peralatan servis yang digunakan untuk memotong kawat dan kabel serta digunakan untuk mengupas kabel. Dalam bidang sevis tang ini sangat membantu dalam memotong dan mengupas kabel peralatan elektronik.


16. Tang Lancip

alat servis elektronik

Tang lancip atau tang cucut berfungsi untuk menjepit kabel, memotong kawat, membengkokkan kabel serta mengencangkan dan mengendurkan baut pada bagian permukaan yang sulit dijangkau.


17. Tang Snap Ring

alat servis elektronik

Tang Snap Ring atau Tang SPI merupakan salah satu jenis tang dengan ujung yang lancip. Yang ini dibagi menjadi dua bentuk yaitu bentuk bagian ujung yang lurus dan yang bengkok.  Tang ini berfungsi untuk melepas kunci snap ring.


18. Pisau Cutter

alat servis elektronik

Pisau cutter merupakan peralatan pendukung servis elektronik yang berfungsi untuk memotong, mengikis dan mengupas kabel yang ada pada peralatan elektronik.


19. Treker

alat servis elektronik

Treker merupakan peralatan servis yang berfungsi untuk melepas bearing yang ada pada poros atau roda mesin seperti pada dinamo kipas angin, mesin cuci dan pompa air.


20. Palu

alat servis elektronik

Palu merupakan perkakas pendukung yang digunakan untuk memukul objek tertentu. Dalam bidang servis palu dapat berfungsi sebagai pemukul permukaan benda kerja, membantu membuka dan memasang casing beberapa peralatan elektronik.


21. Bor 

alat servis elektronik

Bor merupakan perkakas yang dapat menjadi alat pendukung servis elektronik. Alat ini berfungsi untuk melubangi objek tertentu, membuat jalur baut atau mur dan membantu mengencangkan atau mengendurkan baut.


Baca Juga : 20+ Alat Service HP Beserta Fungsinya


Jadi itulah alat alat service elektronik beserta fungsinya yang biasa digunakan oleh tukang atau teknisi servis mesin cuci, kipas angin, pompa air, AC, rice cooker, kulkas, tv, laptop, hp dan beberapa peralatan elektronik lainnya. Ada alat service elektronik canggih seperti blower dan multimeter.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "20+ Jenis Alat Service Elektronik Beserta Fungsinya"