Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

20+ Alat Service HP Beserta Fungsinya

Alat Alat Sevice HP – Saat ini, penggunaan HP atau smartphone sudah sangat pesat dan hampir menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Inovasi teknologi dan berbagai macam fitur menarik membuat HP semakin berkembang.

Banyak brand HP ternama seperti Samsung, Iphone, Xiaomi, Vivo, Oppo dll juga menyediakan layanan “After Sales” seperti servis, sparepart, aksesoris dll. Hal yang penting adalah layanan service karena setiap barang elektronik tentunya akan mengalami kerusakan.

Layanan service HP ada yang resmi dari suatu brand dan ada juga yang tidak resmi namun tetap memberikan layanan dan perbaikan bagus. Dalam melakukan servis HP, tentunya para tukang servis menggunakan alat alat service HP yang memudahkannya dalam pekerjaan.


Alat Alat Service HP

jenis alat service hp beserta fungsinya

Alat alat service HP juga semakin berkembang sehingga banyak penyedia layanan servis yang menggunakan alat service HP yang canggih seperti MBR Predator, Separator LCD dan Bubble Remover. Berikut ini merupakan jenis jenis alat alat service HP komplit beserta fungsinya. 


1. Obeng Set

alat alat service hp

Obeng merupakan alat service HP yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan baut sehingga dapat memisahkan beberapa bagian dari HP. Dalam service HP, obeng yang digunakan berukuran kecil dan memiliki berbagai macam mata obeng.

Banyak tukang service HP yang menggunakan obeng set yang terdiri dari berbagai macam mata obeng dengan ukuran yang beragam pula.


2. Multimeter

alat alat service hp

Multimeter merupakan alat pengukuran tegangan, arus dan tahanan listrik yang biasa digunakan oleh para tukang service HP. Alat ini juga berfungsi untuk mengecek apakah suatu bagian dari HP terhubung atau tidak. 

Multimeter disebut juga sebagai multitester dan avometer yang dibagi menjadi tipe analog dan digital. Untuk memudahkan pekerjaan, disarankan untuk menggunakan multimeter digital agar hasil pengukuran dapat langsung terbaca.


3. Power Supply Variable

alat alat service hp

Power Supply Variable (Catu Daya) merupakan alat yang berfungsi untuk memberikan tegangan listrik searah (DC) dan listrik bolak balik (AC). Dalam servis HP, power Supply berfungsi untuk memberikan tegangan DC ke komponen elektronika HP.

Dengan memberikan tegangan dari power supply dan diukur dengan multimeter maka dapat diketahui apakah komponen tersebut rusak atau tidak.

Dikatakan variable karena niali output tegangannya dapat diatur sesuai kebutuhan untuk service.


4. Opening Tools

alat alat service hp

Opening Tools merupakan alat service HP yang berfungsi untuk membuka casing, layar, LCD dan komponen HP. Opening Tools memiliki bentuk yang beragam dan biasanya dijual dalam satu set.


5. Solder Dengan Timah Dan Flux

alat alat service hp

Solder merupakan alat service yang berfungsi untuk memanaskan timah agar dapat merekatkan komponen elektronika pada PCB. 

Timah merupakan bahan yang dipanaskan solder dan akan mengeras ketika suhunya turun sehingga bisa merekatkan komponen ke PCB.

Flux merupakan bahan yang berfungsi untuk menghilangkan oksidasi sehingga memudahkan timah untuk menempel pada komponen dan PCB dengan baik.


6. Desoldering Pump

alat alat service hp

Desoldering Pump atau penghisap timah merupakan alat bantu yang berfungsi untuk menghisap timah ketika dipanaskan sehingga timah dapat terpisah dari komponen dan PCB yang direkatkannya. 


7. Heat Gun / Hot Air Gun / Blower

alat alat service hp

Heat Gun / Hot Air Gun / Blower merupakan salah satu alat sevice hp yang bekerja dengan cara menghembuskan udara panas untuk melelehkan lem casing dan LCD serta timah yang ada pada PCB.

Ketika lem dipanaskan maka daya rekatnya akan mengurang sehingga mudah untuk melepas casing atau LCD HP. Begitu juga dengan timah, ketika timah dipanaskan maka akan meleleh dan komponen yang direkatkannya akan mudah dilepaskan.


8. Lampu Servis

alat alat service hp

Lampu servis merupakan alat bantu yang memberikan pencahayaan yang cukup untuk tukang sevice agar proses perbaikan dan perawatan HP dapat berjalan lancar. Penerangan lampu sangat penting untuk menunjang penglihatan tukang service. 


9. Kuas

alat alat service hp

Kuas merupakan alat bantu sevice yang berfungsi untuk menghilangkan debu dan kotorang yang menempel di HP. Kuas yang digunakan untuk service HP berukuran kecil, memiliki tekstur rambut yang halus dan tidak mudah rontok.


10. Double Tape Tip Baterai Hp

alat alat service hp

Double Tape merupakan isolasi atau lakban khusus yang berfungsi untuk menempelkan baterai dengan HP. Kedua sisi isolasi ini memiliki daya rekat dan memiliki karakteristik anti panas. 


11. Antistatic Mat / ESD Mat

alat alat service hp

Antistatic Mat / ESD Mat merupakan alas kerja yang digunakan oleh para tukang service. Ada berbagai macam warna, ukuran dan motif dari alas kerja ini sehingga dapat dipilih sesuai dengan apa yang disukai.


12. Penjepit PCB

alat alat service hp

Penjepit PCB atau PCB Holder merupakan salah satu alat service yang berfungsi untuk menjepit / memegang PCB agar tidak goyang ketika ingin melakukan pekerjaan soldering.


13. Pinset

alat alat service hp

Pinset merupakan alat service yang berfungsi untuk menjepit, memegang dan mengambil komponen ukuran kecil atau komponen yang panas. Pinset memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk sehingga dapat dipilih sesuai keadaan kerja.


14. Thinner / Isopropil Alkohol / Contact Cleaner

alat alat service hp

Thinner / Isopropil Alkohol / Contact Cleaner merupakan cairan yang berfungsi untuk membersihkan PCB dan menghilangkan bekas lem yang ada pada HP. 

 

15. Smart Charger

alat alat service hp

Smart Charger atau Casan Pintar merupakan alat service yang berfungsi untuk menampilkan indikator pengukuran tegangan, arus dan daya listrik ketika HP dicas. 

Sistem pengisisan baterai dinilai bermasalah atau rusak ketika nilai pengukuran yang ditampilkan oleh smart charger ini berbeda dengan spesifikasinya atau bahkan tidak ada nilai sama sekali.


16. Kaca Pembesar

alat alat service hp

Kaca pembesar merupakan alat bantu service yang berfungsi untuk memperbesar (zoom) penglihatan agar bisa melihat komponen yang berukuran kecil. Ada berbagai macam bentuk dan fitur kaca pembesar untuk service jadi pilih sesuai kebutuhan.


17. Mesin BGA Dan Plat Cetakan

alat alat service hp canggih

Mesin BGA merupakan salah satu alat service HP canggih yang berfungsi untuk mncopot atau memasang chip (psosesor) dengan akurat.  Sedangkan Plat Cetakan berfungsi untuk mencetak timah pada chip prosesor HP.

Tukang service yang memiliki Mesin BGA Dan Plat Cetakan termasuk teknisi Pro karena hal ini tidak dimiliki oleh tukang service biasa.


18. MBR Predator

alat alat service hp canggih

MBR Predator merupakan salah satu alat service canggih yang berfungsi untuk pemberi (injector) tegangan dan penghancur bagian yang short (korsleting). 

Alat ini bekerja seperti power supply yang memberikan tegangan ke komponen namun dengan arus yang bisa lebih tinggi 5 – 8 Ampere. Dengan arus tersebut maka dapat menjebol atau memanaskan Part yang short. 


19. Separator LCD

alat alat service hp canggih

Separator LCD merupakan alat canggih servis HP yang berfungsi untuk memisahkan atau melepas LCD dan Touchscreen dengan cara memanaskannya, sehingga resiko pecahnya LCD atau Touchscreen saat dibuka dapat diminimalisir.


20. Bubble Remover

alat alat service hp canggih

Bubble Remover merupakan alat service HP canggih yang berfungsi untuk menghilangkan gelembung atau udara saat setelah penggantian kaca, LCD atau Touchscreen HP.


21. Software, UFI Box, Flasher Dan Komputer PC

alat alat service hp

Software, UFI Box, Flasher Dan Komputer PC merupakan peralatan pendukung service HP dalam menangani perbaikan atau pembaharuan system, OS, software, aplikasi HP.

Peralatan ini penting untuk service HP yang rusak bukan karena kondisi hardware melainkan untuk kerusakan atau error pada software.


Baca Juga : 20+ Alat Service Elektronik Beserta Fungsinya


Jadi itulah penjelasan mengenai alat alat service HP beserta fungsinya. Semoga penjelasan jenis jenis alat service HP ini dapat memberi wawasan dan inspirasi bagi kalian yang ingin membuka jasa service HP.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "20+ Alat Service HP Beserta Fungsinya"