Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2 Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung

Saklar Kipas Angin Gantung – Kipas angin merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendingingkan ruangan dengan cara menghembuskan angin.

Berdasarkan cara pemasangannya, kipas angin terbagi menjadi beberapa jenis yaitu kipas angin gantung, kipas angin di dinding dan kipas angin berdiri.

Pada sebuah kipas angin terdapat saklar yang berfungsi untuk ON / OFF dan juga mengatur keceatan putar baling-balingnya. Ada saklar kipas angin berupa tombol dan ada juga berupa regulator yang dapat dioperasikan dengan cara diputar.

Di dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai saklar regulator, kabel dan cara memasang kabel saklar kipas angin gantung.


Saklar Kipas Agin Gantung

cara memasang saklar kipas angin gantung

Saklar kipas angin gantung merupakan saklar yang berfungsi untuk menyalakan (ON), mematikan (OFF) dan mengatur kecepatan putarannya.

Saklar ini memiliki bagian berupa knop yang biasa disebut regulator untuk operasi kipas angin, yaitu kecepatan putar (1 -5) dan Off kipas angin.

Jika penutup saklar atau regulator kipas angin gantung dibuka maka terdapat dua terminal yaitu terminal input dan terminal output. 

Teminal input merupakan bagian yang dihubungkan ke listrik phase yang ada pada sumber listrik. Sedangkan terminal output merupakan bagian yang dihubungkan dengan terminal kabel phase kipas angin gantung.


Bagian Bagian Kipas Angin Gantung

 cara menyambung kabel kipas angin gantung

Sebuah kipas angin gantung memiliki 3 atau 5 buah baling-baling yang berfungsi sebagai penyeimbang dan menghembuskan angin. Selain itu terdapat bagain pangkal yang merupakan tempat terpasangnya kipas angin ke plafon atau langit-langit.

Pada bagian pangkal kipas angin gantung terdapat tiga buah terminal yang terhubung dengan sistem kelistrikan kipas angin. Terminal 1 adalah untuk kabel phase, terminal 2 untuk kabel ground dan terminal 3 untuk kabel netral.

Warna kabel yang terpasang pada terminal kipas angin bisa saja berbeda pada setiap merek. Oleh karena itu diperlukan melihat keterangan pada buku produknya. Namun untuk kabel grounding biasanya menggunakan kabel berwarna hijau-kuning.


Cara Memasang Saklar Kipas Angin Gantung

Cara memasang saklar regulator kipas angin gantung terbagi menjadi dua cara berdasarkan kabel yang terpasang yaitu pemasangan dengan kabel grounding atau tanpa kabel grounding.

Memasang Saklar Kipas Angin Gantung Dengan Kabel Grounding

 cara memasang kabel saklar kipas angin gantung

Gambar di atas merupakan rangkaian cara memasang kabel saklar kipas angin gantung yang kabel groundingnya terpasang. Berikut ini langkah-langkah menyambung kabelnya.

  1. Buka penutup saklar.
  2. Listrik phase dari sumber listrik (kabel warna merah) dihubungkan dengan terminal input saklar.
  3. Outpur saklar (kabel warna merah) dihubungkan dengan terminal phase yang ada pada kipas angin.
  4. Grounding yang ada pada sumber listrik (kabel berwarna hijau-kuning) dihubungkan dengan terminal grounding yang ada pada kipas angin.
  5. Listrik netral yang ada pada sumber listrik (kabel berwarna biru) dihubungkan dengan terminal netral yang ada pada kipas angin.
  6. Pasang penutup saklar dan kemudian pasang ke dinding. Instalasi saklar kipas angin gantung selesai.


Memasang Saklar Kipas Angin Gantung Tanpa Kabel Grounding

cara pasang saklar regulator kipas angin gantung

Gambar di atas merupakan rangkaian cara menyambung kabel kipas angin gantung tanpa grounding. Kipas angin bisa beroperasi normal meskipun tanpa grounding. Nah berikut ini langkah-langkah memasang regulator kipas angin gantung.

  1. Buka penutup (cover) saklar.
  2. Listrik phase dari sumber listrik (kabel berwarna merah) dihubungkan dengan terminal input saklar.
  3. Outpur saklar (kabel berwarna merah) dihubungkan dengan terminal phase yang ada pada kipas angin gantung.
  4. Listrik netral yang ada pada sumber listrik (kabel berwarna biru) dihubungkan dengan terminal netral yang ada pada kipas angin.
  5. Pasang penutup saklar dan kemudian pasang ke dinding. Instalasi saklar kipas angin gantung selesai dan siap dioperasikan.


Catatan : 

Penggunaan grounding pada sistem kelistrikan kipas angin bertujuan sebagai sistem proteksi kebocoran arus. Jika terjadi kebocoran arus atau gangguan kelistrikan maka arus gangguan akan dialirkan ke sistem grounding dan diteruskan ke tanah. Dengan itu arus gangguan tidak akan merusak komponen kipas angin dan tidak akan memberikan efek setruman jika disentuh.

Namun jika tidak menggunakan grounding maka ketika terjadi gangguan seperti kebocoran arus maka arus gangguan tersebut menyebar ke seluruh komponen kipas angin dan dapat menimbulkan kerusakan dan efek setrum ketika disentuh.

Disarankan memasang grounding pada sistem kelistrikan daya seperti kipas angin, AC, kulkas, mesin cuci, pompa air dll


Baca Juga : Sistem Kelistrikan Dan Pengkabelan Kipas Angin


Jadi itulah meteri tentang regulator, cara pasang saklar regulator, cara menyambung kabel dan cara memasang kabel saklar kipas angin gantung.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "2 Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung"