Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memasang Saklar Gantung Untuk 1 dan 2 Lampu

Saklar Gantung – Saklar merupakan peralatan listrik yang berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik ke beban (lampu). Dengan kata lain saklar yang mengatur ON atau OFF sebuah lampu.

Ada banyak jenis saklar yang biasa digunakan dalam instalasi diantaranya saklar tunggal, saklar tukar (hotel), saklar seri (ganda) saklar silang, saklar tombol tekan dll. Saklar yang paling banyak digunakan adalah saklar tunggal.

Saklar tunggal adalah saklar yang mengoperasikan (ON atau OFF) satu titik beban (beban). Saklar tunggal dapat dijumpai terpasang pada tembok, peralatan elektronika dll. Salah satu jenis saklar tunggal adalah saklar gantung.

Di dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan materi tentang saklar gantung, bagian-bagian, cara pasang, cara kerja, cara memasang saklar gantung 2 lampu dan cara memasang kabel ke saklar gantung.


Saklar Gantung

saklar gantung

Saklar gantung merupakan jenis saklar yang bekerja seperti saklar tunggal dan pemasangannya dilakukan dengan cara menggantung. 

Berbeda dengan saklar lampu pada umumnya yang terpasang di dinding, saklar ini terpasang secara menggantung menggunakan kabel.

Saklar gantung memiliki fungsi yang sama dengan saklar tunggal yaitu untuk mengoperasikan (ON atau OFF) satu titik beban lampu.

Bentuknya lonjong dan hanya memiliki satu tuas untuk posisi ON atau OFF. Jika dilihat dari konstruksinya, saklar ini memiliki 2 terminal untuk memasang kabel.

Satu terminal untuk input yang terhubung dengan sumber listrik phase dan satu terminal lagi adalah output yang terhubung dengan terminal phase fitting lampu.


Cara Kerja Saklar Gantung

Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara kerja saklar gantung ketika posisi ON dan OFF.

Kondisi ON

saklar gantung 

Gambar di atas merupakan rangkaian saklar gantung dalam posisi ON. Cara kerjanya adalah ketika tuas saklar diarahkan ke posisi ON, maka konduktor yang ada di dalam saklar gantung akan menghubungkan terminal 1 dan 2.

Ketika terminal 1 dan 2 terhubung maka listrik phase mengalir dari sumber listrik ke lampu. Lampu menjadi ON karena listrik phase (+) dan listrik netral (-) terhubung dengannya.

Kondisi OFF

 saklar lampu gantung

Gambar di atas merupakan rangkaian saklar gantung dalam posisi OFF. Cara kerjanya adalah ketika tuas saklar diarahkan ke posisi OFF, maka konduktor yang ada di dalam saklar gantung tidak menghubungkan terminal 1 dan 2.

Ketika terminal 1 dan 2 tidak terhubung maka listrik phase dari sumber listrik terputus dan sehingga aliran listrik tidak mengalir ke lampu. Lampu menjadi OFF karena listrik phase (+) terputus (tidak terhubung) dengannya.


Cara Pasang Saklar Gantung

 cara pasang kabel ke saklar gantung

Gambar di atas merupakan rangkaian cara memasang kabel ke saklar gantung dengan benar. Nah berikut ini merupakan penjelasan cara memasangnya.

  1. Mengecek dan memastikan kabel phase (+) dan netral (-) yang ada di rumah. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan tespen.
  2. Mematikan sumber listrik sebelum melakukan instalasi agar lebih aman.
  3. Buka case saklar menggunakan obeng.
  4. Kabel phase dari sumber listrik dihubungkan dengan terminal input saklar.
  5. Selanjutnya, terminal output saklar  dihubungkan ke termianl phase fitting lampu.
  6. Dari sumber listrik, kabel netral dihubungkan dengan terminal netral fitting lampu.
  7. Pasang case (cover) saklar.
  8. Pasang lampu ke fitting.
  9. Instalasi dan pemasang saklar gantung selesai.


Cara Memasang Saklar Gantung 2 Lampu

 cara pasang saklar gantung

Gambar di atas merupakan rangkaian cara memasang kabel ke saklar gantung 2 lampu dengan benar. Nah berikut ini merupakan penjelasan cara memasangnya.

  1. Mengecek dan memastikan kabel phase (+) dan netral (-) yang ada di rumah. Kalian bisa melakukannya dengan menggunakan tespen atau multimeter.
  2. Mematikan / memadamkan listrik sebelum melakukan instalasi agar lebih aman.
  3. Buka case saklar menggunakan obeng.
  4. Kabel phase dari sumber listrik dihubungkan dengan terminal input saklar gantung.
  5. Selanjutnya, terminal output saklar gantung dihubungkan ke termianl phase fitting lampu 1 dan fitting lampu 2.
  6. Dari sumber listrik, kabel netral dihubungkan ke terminal netral fitting lampu 1 dan fitting lampu 2.
  7. Pasang case (cover) saklar.
  8. Pasang lampu 1 dan 2 ke fitting.
  9. Instalasi dan pemasang saklar gantung 2 lampu selesai.


Baca Juga : Cara Memasang Instalasi Saklar Seri Lengkap Dengan Gambarnya


Jadi itulah penjelasan meteri tentang saklar lampu gantung, bagian-bagian, cara kerja, diagram rangkaian dan cara memasang saklar gantung 2 lampu serta cara memasang kabel ke saklar gantung.

Source Image : Shopee and Youtube

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Memasang Saklar Gantung Untuk 1 dan 2 Lampu "