Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Daftar Hewan Darat Tercepat Di Dunia

Daftar hewan darat tercepat di dunia. Apa saja hewan darat yang tercepat di dunia?

Sama halnya seperti manusia, hewan juga memiliki kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Hewan berpindah tempat untuk berburu mangsa, migrasi, menghindari pemangsa dan sekedar bermain bersama kelomoknya. Di dunia hewan sendiri, terdapat berbagai jenis hewan berdasakan cara berpindah tempat, ada dengan kaki, perut, sayap, sirip dll. Khusus hewan darat dikenal berbagai jenis hewan berdasakan jumlah kakinya, mulai dari dua kaki sampai delapan kaki.

Beberapa hewan darat diberkati kemampuan berlari kencang demi menunjang kehidupannya. Kemampuan berlari cepat tersebut sangat penting untung memburu mangsa atau kabur dari pemangsa. Berikut ini merupakan daftar hewan darat tercepat di dunia.

1. Cheetah (113 km/jam)

daftar hewan darat tercepat di dunia

Cheetah merupakan kucing besar yang dapat ditemukan di daerah gurun, sabana, semak belukar dan hutan terbuka Afrika bagian Timur dan Selatan. Cheetah memiliki tubuh yang ramping berwarna cokelat keemasan dengan bercak tutul hitam yang ada di seluruh tubuhnya. Cheetah mampu mengintai mangsanya dalam jarak 100 – 300 meter dan kemudian memburunya dengan sprint yang berkecepatan 113 km/jam (70 mph).

2. Antelope Pronghorn (98 km/jam)

daftar hewan darat tercepat di dunia

Antelope Pronghorn merupakan spesies mamalia yang dapat ditemukan di pedalaman barat dan tengah Amerika Utara. Mamalia ini memiliki bulu dominan berwarna cokelat namun terdapat warna putih di bagian pantat, perut dan leher. Mamalia yang mirip kijang ini memiliki hati dan paru-paru yang besar sehingga sangat membantu mereka di saat berlari cepat. Antelope Pronghorn mampu berlari dengan kecepatan 98 km/jam.

3. Springbok (90 km/jam)

daftar hewan darat tercepat di dunia

Springbok merupakan mamalia yang memiliki bulu berwarna cokelat dan putih pada bagian perut dan leher bawahnya. Hewan ini memiliki badan yang ramping dengan kaki dan leher yang panjang serta tanduk melengkung yang ada di kepalanya. Mamalia jenis ini dapat ditemukan di Barat Daya Afrika. Hewan ini mampu melompat jauh di udara dengan kecepatan hingga 90 km/jam

4. Kuda Kuartal Amerika (88,5 km/jam)

daftar hewan darat tercepat di dunia

Kuda kuartal Amerika atau di luar dikenal dengan American Quarter Horse merupkan jenis kuda yang unggul dalam berlari jarak pendek. Kuda ini berasal dari Amerika Serikat yang memiliki tubuh yang kompak sehingga dapat bermanuver cepat ketika berlari. Kuda ini mampu berlari dengan kecepatan hingga 88,5 km/jam (55 mph).

5. Wildebeest (80 km/jam)

daftar hewan darat tercepat di dunia

Wildebeest merupakan salah satu mamalia jenis antelop besar dan termasuk satu dari dua spesies rusa kutub. Hewan ini termasuk jenis herbivora yang memiliki tanduk di kepalanya. Sayangnya, hewan ini sering menjadi pemangsa bagi predator seperti singa, cheetah dan buaya. Demi menghindari predatornya, hewan ini diberkati dengan kemampuan berlari cepat hingga 80 km/jam (50 mph).


Jadi itulah daftar hewan darat tercepat di dunia. Hewan-hewan tersebut memiliki kecepatan berlari atau melompat yang cepat untuk berburu atau kabur dari sang predator. Sekian dan terima kasih
Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

1 comment for "Inilah Daftar Hewan Darat Tercepat Di Dunia"