Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Push Button (Tombol Tekan) : Pengertian, Simbol, Jenis Dan Rangkaian

Tombol Tekan (Push Button) - Dalam dunia kelistrikan terdapat beberapa jenis saklar diantaranya adalah sakar tombol tekan, saklar tunggal, saklar seri, staircase dll. Saklar yang sering digunakan dalam sistem pengontrolan adalah saklar tombol tekan atau sering disebut sebagai push button.

saklar tombol tekan

Nah di artikel kali ini kami aka membagikan materi mengenai tombol tekan (push button) mulai dari pengertian push button, gambar push button, simbol push button, simbol tombol tekan, jenis-jenis push button, push button NO (Normally Open), push button NC (Normally Close) dan rangkaian push button.


Pengertian Push Button

Push button adalah salah satu jenis saklar yang berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik. Berbeda halnya dengan saklar lain, push button bekerja sesaat artinya hanya bekerja ketika ditekan dan berhenti bekerja ketika berhenti ditekan (dilepas / tidak ditekan).

Push button atau tombol tekan dilengkapi dengan pegas yang berfungsi untuk mengembalikan tombol ke posisi semula ketika tombol dilepaskan (tidak ditekan).

Prinsip kerja tombol tekan yang bekerja sesaat membuatnya banyak digunakan untuk sistem pengontrolan, seperti untuk ON atau OFF mesin listrik.


Simbol Push Button (Tombol Tekan)

Berikut ini merupakan gambar simbol push button (saklar tombol tekan) berdasarkan standarisasi IEC (International Electrotechnical Commission) dan NEMA (National Electrical Manufacturers Association).

Simbol Push Button NO (Normally Open)

simbol tombol tekan no

Simbol Push Button NC (Normally Close)

simbol tombol tekan nc


Jenis Jenis Push Button (Tombol Tekan)

Ada tiga jenis push button (saklar tombol tekan) yaitu push button NO, push button NC dan push button gabungan NO dan NC. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis saklar tombol tekan.

A.    Push Button NO 

saklar tombol tekan no

Push Button NO (Normally Open) adalah jenis push button yang kontaknya akan terhubung apabila tombolnya ditekan dan kontaknya akan terputus apabila tombolnya dilepas (tidak ditekan). Push button NO biasanya digunakan untuk tombol START (ON) pada rangkaian kontrol.

Dikatakan NO atau Normally Open karena pada saat kondisi normal (tidak ditekan) maka kontaknya dalam kondisi open (terputus).


Prinsip Kerja Push Button NO

cara kerja push button

Prinsip kerjanya adalah ketika tombolnya ditekan maka kontaknya terhubung dan mengalirkan arus listrik.

cara kerja push button

Sebaliknya ketika tombol tidak ditekan (dilepas) maka kontaknya terputus dan tidak mengalirkan arus listrik.


Contoh Rangkaian Push Button NO

Berikut ini merupkan contoh rangkaian listrik menggunakan push button NO dengan beban lampu.

rangkaian saklar tombol tekan

Pada gambar terlihat bahwa ketika push button NO ditekan maka kontaknya menjadi terhubung dan mengalirkan arus listrik sehingga beban lampu menjad ON.

rangkaian push button

Pada gambar terlihat bahwa ketika push button NO dilepas (tidak ditekan) maka kontaknya terbuka dan tidak mengalirkan arus listrik sehingga beban lampu menjad OFF.


B.    Push Button NC

saklar tombol tekan nc

Push Button NC (Normally Close) adalah jenis push button yang kontaknya akan terputus apabila tombolnya ditekan dan kontaknya akan terhubung apabila tombolnya dilepas (tidak ditekan). Push button NO biasanya digunakan untuk tombol STOP (OFF) pada rangkaian kontrol.

Dikatakan NC atau Normally Close karena pada saat kondisi normal (tidak ditekan) maka kontaknya dalam kondisi Close (terhubung).


Prinsip Kerja Push Button NC

cara kerja saklar tombol tekan

Prinsip kerjanya adalah ketika tombolnya ditekan maka kontaknya terputus dan memutuskan arus listrik. 

cara kerja saklar tombol tekan

Sebaliknya ketika tombol tidak ditekan (dilepas) maka kontaknya terhubung dan mengalirkan arus listrik.


Contoh Rangkaian Push Button NC

Berikut ini merupkan contoh rangkaian listrik menggunakan push button NC dengan beban lampu. 

rangkaian push button

Pada gambar terlihat bahwa ketika push button NC ditekan maka kontaknya menjadi terbuka dan tidak mengalirkan arus listrik sehingga beban lampu menjad OFF.

rangkaian push button

Pada gambar terlihat bahwa ketika push button NC dilepas (tidak ditekan) maka kontaknya menjadi terhubung dan mengalirkan arus listrik sehingga beban lampu menjad ON.


C.    Push Button Gabungan NO dan NC

push button gabungan no dan nc

Push button gabungan NO dan NC merupakan gabungan antara push button NO dan NC sehingga memiliki dua kontak yaitu NO dan NC. Push button gabungan ini digunakan untuk rangkaian interlock atau rangkaian pemilih (optional).


Prinsip Kerja Push Button Gabungan NO dan NC

saklar tombol tekan

Prinsip kerjanya adalah ketika tombol ditekan maka kontak NO yang sebelumnya terputus menjadi terhubung sehingga dapat mengalirkan aliran listrik. Di sisi lain kontak NC yang sebelumnya terhubung menjadi terputus sehingga memutuskan aliran listrik.

saklar tombol tekan

Ketika tombol tidak ditekan atau dilepas maka kontak NO dalam kondisi terputus (open) dan kontak NC menjadi terhubung (close).


Contoh Rangkaian Push Button Gabungan NO dan NC

rangkaian push button

Pada gambar terlihat ketika tombol ditekan maka kontak NO menjad terhubung sehingga mengalirkan arus listrik dan membuat lampu ON. Di sisi lain kontak NC menjad terputus sehingga tidak mengalirkan arus listrik dan membuat lampu OFF.

rangkaian push button

Pada gambar terlihat ketika tombol dilepas (tidak ditekan) maka kontak NO terputus sehingga tidak mengalirkan arus listrik dan membuat lampu OFF. Di sisi lain kontak NC menjad terhubung sehingga mengalirkan arus listrik dan membuat lampu ON.


Baca Juga : Diagram Pengawatan Saklar Tukar (Hotel)


Jadi itulah penjelasan mengenai push button atau saklar tombol tekan mulai dari pengertian, gambar, simbol, jenis-jenis, prinsip kerja atau cara kerja dan contoh rangkaian push button NO dan NC. Semoga materi ini bisa bermanfaat untuk kalian, terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Push Button (Tombol Tekan) : Pengertian, Simbol, Jenis Dan Rangkaian"