Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Diagram Satu Garis Dan Pengawatan Saklar Tukar (Hotel)

Bagaimana diagram satu garis saklar tukar (hotel)? Bagaimana diagram pengawatan saklar tukar (hotel)? Bagaimana cara instalasi saklar tukar (hotel)? Apa penegrtian saklar tukar (hotel)? Bagaimana simbol saklar tukar (hotel)?

Instalasi listrik adalah sebuah kagiatan yang dilakukan untuk memasang kelistrikan pada suatu bangunan. Instalasi listrik dibedakan menjadi instalasi tenaga (motor listrik) dan instalasi penerangan (lampu). 

Khusus untuk instalasi penerangan, digunakan komponen bernama saklar untuk mengendalikan titik beban lampu. Saklar sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasakan bentuk dan kegunaannya. Tapi sebelum itu kalian harus paham mengenai pengertian saklar itu sendiri.

Diagram saklar tukar

Pengertian Saklar

Saklar adalah salah satu komponen listrik yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan aliran listrik yang menuju ke beban. Untuk instlasi listrik penerangan, saklar biasanya digunakan untuk menyalakan atau mematikan beban seperti lampu. Beradasarkan bentuk dan kegunaannya, saklar dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu saklar tunggal, saklar seri, saklar tukar, saklar silang dll. Namun khusus untuk artikel ini, akan membahas khusus mengenai saklar tukar

Pengertian Saklar Tukar (Hotel)

Saklar tukar atau biasa disebut saklar hotel adalah sebuah yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah untuk mengendalikan dua titik beban dengan menggunakan satu saklar. Fungsi kedua adalah untuk mengendalikan satu titik beban di dua tempat yang berbeda (menggunakan dua saklar tukar). 

Pada dasarnya saklar tukar ini sangat membantu penggunanya dalam mengendalikan sebuah titik beban, misalnya saja dipasang pada bagian tangga bawah dan tangga atas sehingga apabila ingin naik maka cukup menekan saklar dan lampu akan nyala dan setelah sampai ke atas lampu dapat dimatikan dengan menekan saklar tukar yang ada di lantai atas. Meskipun harganya sedikit mahal, namun dengan menggunakan saklar tukar ini dapat membantu anda dalam penghematan listrik.

Instalasi Saklar Tukar (Hotel)

Instalasi sakalar tukar dapat dilakukan dengan menggunakan komponen utama seperti saklar seri, kabel, fitting dan lampu. Pastikan komponen yang digunakan telah berstandar SNI atau sudah berlogo LMK, hal tersebut dimaksudkan agar dapat menjamin keamanan terhadap kelistrikan.

Sebelum melakukan instalasi saklar tukar, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu diagram satu garis dan diagram pengawatan dari saklar tukar itu sendiri. Fungsi kedua diagram tersebut untuk mengilustrasikan jumlah komponen yang akan digunakan, jumlah kabel yang masuk dalam suatu pipa dan sambungan-sambungan (pengawatan) saklar seri. 

Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa dalam suatu diagram satu garis atau diagram pengawatan terdapat simbol-simbol komponen yang harus diketahui, seperti berikut ini

Simbol Saklar Tukar (Hotel) 

simbol saklar tukar hotel

Dalam suatu gambar diagram instalasi terdapat simbol-simbol yang mewakili suatu komponen listrik diantaranya adalah simbol saklar. Berbagai macam saklar memiliki simbolnya masing-msaing. Nah berikut ini merupakan simbol saklar seri dan simbol stop kontak yang sering digunakan sekaligus.

Diagram Satu Garis Saklar Tukar (Hotel)

Diagram satu garis (single line diagram) merupakan suatu gambar yang memperlihatkan beberapa simbol-simbol komponen dansaling terhubung dalam satu garis (Single Line).

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Tukar (Hotel) Satu Titik Beban

diagram satu garis saklar tukar hotel

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Tukar (Hotel) Dua Titik Beban

diagram satu garis saklar tukar hotel

Diagram Pengawatan Saklar Tukar (Hotel)

Diagram pengawatan (wiring diagram) suatu diagram yang memperlihatkan beberapa komponen-komponen yang saling terhubung satu sama lain dengan beberapa garis penhubung (Wiring).

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Tukar (Hotel) Satu Titik Beban

diagram pengawatan saklar tukar hotel

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Tukar (Hotel) Dua Titik Beban

diagram pengawatan saklar tukar hotel




Jadi itulah materi tentang pengertian saklar tukar, simbol saklar tukar (hotel), diagram satu garis saklar tukar (hotel) dan diagram pengawatan saklar tukar (hotel) serta cara instalasi saklar tukar (hotel).

Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.
Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

2 comments for "Diagram Satu Garis Dan Pengawatan Saklar Tukar (Hotel)"

  1. kak....yang saklar tukar 2 beban, gambarnya salah masukin kali kak.
    karena yang di post itu masih yang 1 beban.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diupdate yah untuk saklar tukar dua titik beban. Terima kasih

      Delete